9/15/2017

Links di Linux

Hard link

Kita tidak bisa membuat hard link untuk folder. Kita tidak bisa membuat hard link pada device yang berbeda.
Coba sekarang buat file text bernama senang.txt yang isinya tulisan "Senang sekali." dengan menggunakan nano atau vim atau vi. Sekarang  jalankan command ls -l. Maka Anda akan melihat angka 1 setelah bagian permission.
Sekarang jalankan ln senang.txt sekali.txt. Command barusan akan memberikan Anda sebuah hard link bernama sekali.txt. Lihat isi kedua file (senang.txt dan sekali.txt)! Keduanya memiliki isi yang sama, yaitu teks "Senang sekali.".
Sekarang jalankan command ls -l. Maka Anda akan melihat angka 2 setelah bagian permission pada file senang.txt maupun sekali.txt. Angka itu menunjukan bahwa ada 2 hard link. Perhatikan bahwa ukuran kedua file adalah sama.
Sekarang edit file sekali.txt. Ubah isinya menjadi sesuka Anda. Setelah itu cek isi file senang.txt. Maka isinya akan sama dengan sekali.txt yang telah Anda modifikasi.
Sekarang hapus file senang.txt. Maka Anda akan masih akan memiliki file sekali.txt yang isinya sama dengan senang.txt.

Symbolic link

Keuntungan dari symbolic link adalah symbolic link bisa link ke file yang berbeda device dan juga bisa link ke direktori. Kerugian symbolic link adalah apabila file asli dihapus, maka symbolic link-nya menjadi invalid dan tidak bisa digunakan lagi.
Sekarang jalankan ln -s sekali.txt symbolic.txt. Perintah ini akan membuat symbolic link dari file sekali.txt yang bernama symbolic.txt.
Sekarang Anda jalankan command ls -l. Maka Anda akan melihat tulisan seperti ini: symbolic.txt -> senang.txt. Ini menunjukan bahwa symbolic.txt adalah symbolic link dari file senang.txt.
Jika Anda menghapus file senang.txt, maka symbolic.txt akan menjadi invalid dan tidak bisa digunakan lagi.
Menghapus link bisa berbahaya pada kondisi seperti ini. Sekarang coba buat folder bernama kanon. Sekarang copy semua file berawalan a dari /etc/ ke dalam kanon cp /etc/a* kanon. Sekarang buat symbolic link bernama seru ln -s kanon/ seru/. Sekarang lakukan perintah rm -rf seru/. Dengan begini symbolic link seru akan tetap ada, tetapi seluruh isi file dari folder kanon terhapus. Apabila Anda ingin menghapus symbolic link seru, maka Anda harus menghapusnya dengan cara rm seru. Perhatikan bahwa tidak ada tanda "/" setelah seru (bukan rm seru/).

No comments:

Post a Comment