4/09/2009

SMS? Hahahaha!

Buat apa SMS kalau cuma buat basa-basi!!!?

Begitulah apa yang ada di pikiran saya. Saya melihat iklan IM3 rasanya aneh, buat apa SMS tapi cuma untuk basa-basi!? Kalau mau basa-basi sepuasnya lebih baik chatting saja dengan IM (Instant Messenger) seperti Jabber. Lebih murah daripada SMS dan pastinya lebih cepat. Kadang basa-basi itu perlu untuk hiburan... Tapi jangan berlebihan karena basa-basi membuat kita terlihat lebih bodoh.

Apa saja yang kita perlukan untuk bisa chatting dengan menggunakan Jabber?
  1. Ponsel
  2. Client Jabber
  3. Koneksi internet
  4. Pulsa
Pastikan GPRS Anda bisa berjalan dengan baik dan benar. Jika belum coba tanya CS (Customer Service) bagaimana cara men-setting GPRS! Ganggu mereka! Beri mereka pekerjaan! Kalau tidak bisa tersambung, sibuk melulu atau malah bayar, berarti operator GSM Anda itu jelek sekali!

Pertama unduh client Jabber apa saja untuk ponsel Anda, terserah Anda. Ada Bombus, JabberMixClient dan lain-lain. Saya lebih suka menggunakan Bombus, oleh karena itu saya akan menerangkan bagaimana caranya menggunakan Bombus. Situs Bombus menggunakan bahasa Rusia, jadi mungkin Anda akan kebingungan. Nah, pakai saja Google Translate.... Atau langsung saja ikuti link ini (bisa diunduh langsung dari HP).

Setelah diunduh instal aplikasi Bombus ini ke HP Anda. Harusnya Anda tahu, masa HP sendiri tidak mengerti! Kecuali langsung dari HP, kemungkinan sudah sekaligus diinstal oleh HP Anda.

Setelah itu jalankan aplikasi Bombus, buka menu dengan tombol tengah lalu tekan 7 atau pilih menu 7. Account >. Tekan tombol tengah lagi lalu tekan 2 atau dengan menu 2. New Account. Masukan username, password terserah Anda. Pada bagian server, isi dengan server yang akan Anda gunakan untuk menggunakan servis Jabber. Sebagai contoh jabber.org, jabber.ru, gajim.org, jika tidak tahu isi saja dengan jabber.org setelah itu isi nickname dengan nama Anda sebagai nick supaya mudah, OK. Setelah kembali ke bagian Accounts tekan CONNECT. Tunggu sampai tersambung....

Pastinya tidak ada kontak, kan? Coba buka menu lalu masuk ke menu 6. Tools, Options lalu centang self-contact. Setelah itu OK dan kembali ke tempat awal. Sekarang ada Anda sendiri dengan nama Anda garis miring resource Anda. Chat sepuasnya dengan Anda sendiri! Jika membalas dengan pesan yang sama maka koneksi internet Anda bagus dan Anda sudah bisa chatting.

Sekarang coba tambahkan kontak dengan cara buka menu lalu 5. Add Contact. Masukan JID seperti ini pergikebulan@gmail.com, basabasi@jabber.org (username@server), mungkin Anda kenal dengan seseorang yang menggunakan Jabber atau meminta teman Anda untuk membuat akun Jabber. Isi group terserah Anda, group berguna untuk memisahkan termasuk manakah teman Anda ini? Misal, pergikebulan@gmail.com dan begoman@jabber.org grupnya Teman sedangkan partychat3@gmail.com (yang ini sungguhan) grupnya Bot.

Begitulah... Selanjutnya... Masa tidak tahu sih! Menunya gampang dan juga banyak referensi di internet. Coba buka situs utama Jabber.

No comments:

Post a Comment